Header Ads Widget

Mengenal Microsoft Powerpoint 2007

Mungkin kita sudah sering mendengar bahkan menggunakan salah satu program komputer di dalam Microsoft Office yang digunakan untuk membuat presentasi. Yup! Microsoft PowerPoint! Program ini sering digunakan oleh banyak kalangan, seperti mahasiswa, pekerja kantoran, maupun para pengusaha. Tetapi, mungkin hanya sedikit kalangan yang tau sejarah dari PowerPoint itu sendiri.
Nah, post akoeyanglain kali ini akan membahas sedikit saja dari sejarah itu ditambah pengenalan tentang Microsoft PowerPoint itu sendiri. Tetapi, akoeyanglain hanya memperkenalkan yang versi 2007 yaa… Browsing-browsing dari mbah gugel juga sihh… hahaha :D Yup, semoga berguna!

A.      Sejarah Microsoft PowerPoint
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbarunya adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), dirilis pada November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan.


B.       Mengenal Microsoft PowerPoint 2007
Untuk membuka PowerPoint :
Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007  (lihat gambar berikut)

Setelah membuka Microsoft PowerPoint 2007, maka akan terlihat tampilan seperti terlihat pada gambar berikut :

Keterangan :
  1. Office Button, yang berisi menu New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Sent, Publish, dan Close.
  2. Quick Acces, yang menampilkan ikon-ikon yang sering digunakan tanpa harus membuka Tab Menu, seperti New, Open, Save, Email, Quick Print, Print Preview, Spelling, Undo, Redo, Slide Show From Beginning, More Commands, Show Bellow the Ribbon, dan Minimize The Ribbon.
  3. Tab Menu, yang berisi menu-menu yang akan digunakan, antara lain : Home Tab, Insert Tab, Design Tab, Animations Tab, Slide Show Tabs, Review Tab, View Tab, dan Add-Ins Tab.
  4. Title, yang merupakan nama atau judul presentasi yang sedang dibuat
  5. Ribbon, yang menampilkan perintah-perintah yang terdapat pada menu-menu dari Tab Menu.
  6. Outline Area, yang menampilkan keseluruhan kerangka persentasi yang mencakup judul dan isi materi persentasi secara keseluruhan.
  7. Status Bar, yang memberikan informasi mengenai slide berapa yang sedang disorot, atau bahasa yang sedang digunakan.
  8. Slide Area, yang menampilkan slide aktif yang sedang dikerjakan.
  9. Note Area, yang digunakan untuk memberikan catatan (notes) pada slide yang sedang Anda sunting.
  10. Horizontal Scroll Bar, untuk menggeser slide yang sedang Anda buat secara horizontal.
Setelah itu silakan berkarya dengan Microsoft PowerPoint 2007. Buat tampilan yang cantik yaaaaa…… ;)

Posting Komentar

0 Komentar