Header Ads Widget

Menambahkan Datasheet pada Form pada Access 2007

Datasheet adalah tampilan sederhana dari data yang sisajikan dalam bentuk table dengan kolom dan baris. Jika anda double klik table yang ada pada navigation pane, maka akan muncul data pada table yang ditampilkan dalam datasheet view. Datasheet pada form biasanya dipakai untuk data yang mempunyai relasi one to many. Misalnya barang dan jenis barang, atau barang dan detail barang yang terjual. Tutorial kali ini akan membahas bagaimana menambahkan datasheet pada form.

Untuk membuat form yang berisi datasheet sebenarnya kita bisa lakukan dengan Form Tool atau dengan menambahkan datasheet ke form dengan Subform/Subreport Control.
  1.  Pada tab Create, di group Forms, pilih Form Design.



  2. Pada tab Design, di group Tools, klik Add Existing Fields untuk memunculkan Field List.



  3. Masukkan field kode_brg dan nama dari tabel barang.



  4. Pada tab Design, di group Controls, klik Subform/Subreport .


  5. Kemudian tambahkan pada form. Pastikan Use Control Wizard dalam keadaan menyala, sehingga muncul dialog Subform Wizard.



    Pilih Use existing Tables or Queries karena kita ingin menambahkan datasheet. Kemudian klik Next.

  6. Pilih Table Barang, masukkan semua field dengan klik tanda >>. Kemudian klik Next



  7. Pilih opsi  Choose from a list, kemudian pada list pilih None. Sehingga semua data barang akan ditampilkan. Kemudian klik Next.



  8. Beri nama subform misalnya Sub Barang. Kemudian klik Finish.



  9. Bila Form dijalankan hasilnya akan seperti berikut:



  10. Kembali ke tampilan Design View. Sekarang kita tambahkan datasheet penjualan yang mana datanya akan difilter sesuai nama barang yang ditampilkan. Tambahkan kembali Subform/Subreport. Seperti langkah sebelumnya pilih Use existing Tables or Queries. Kemudian klik Next.



    Datasourcenya kita ambil dari banyak tabel. Masukkan nota dan tanggal dari tabel penjualan, jumlah dan kodebrg dari table detail, dan nama dari table barang. Kemudian klik Next.

  11. Yang berbeda pada bagian ini, pilih opsi Define my own, kemudian pada "Form/report field:" dan "Subform/subreport fields" pilih kodebrg. Kemudian klik Next.



  12. Berinama subform, bila dijalankan hasilnya sperti berikut:



    Pada sub barang data ditampilkan semua sedangkan pada sub penjualan data hanya ditampilkankan sesuai kode barang yang ada pada form utama. Gunakan tanda panah untuk berpindah ke record lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar