Header Ads Widget

Membuat header otomatis sesuai subjudul

Pada posting ini telah dibahas bagaimana membuat header (atau footer) yang berbeda pada dokumen yang sama. Kuncinya adalah menggunakan section yang berbeda. Untuk setiap section, dimungkinkan memiliki header (atau footer) yang berbeda dengan section sebelumnya walaupun masih ada di dalam satu dokumen.

Bagaimana untuk header atau footer yang disesuaikan dengan judul atau sub-judul? Sebagai contoh untuk penulisan karya ilmiah yang terdiri dari beberapa bab, bagaimana membuat footer dengan teks yang sesuai judul babnya?

Anda dapat melakukannya secara manual (seperti yang telah dibahas di posting ini). Atau bisa juga secara otomatis lewat yang disebut dengan field. Berikut adalah contoh kasus header yang muncul secara otomatis berdasarkan topik tertentu.

Misalkan Anda memiliki sebuah naskah yang terdiri dari 10 artikel dengan judul artikel yang berbeda-beda. Setiap artikel TIDAK dipisahkan baik oleh page-break maupun section (lihat contoh).




Agar header dapat muncul di setiap halaman sesuai dengan judul artikel, maka langkah-langkahnya adalah:

  1. Klik pada area header atau footer di mana teks hendak disisipkan.
  2. Klik drop-down Quick Parts pada ribbon, lalu pilih Field...
  1. Akan muncul kotak dialog Field. Pilih Field names StyleRef dan pada list box Style name, pilih style yang digunakan sebagai judul. Pada contoh dokumen di atas, style yang digunakan sebagai judul adalah style Title. 

  1. Klik Ok. Perhatikan bahwa header akan muncul sesuai dengan judul atau teks yang mengandung style Title.

Posting Komentar

0 Komentar